HOME
Home » Instalasi Listrik » CARA Pemasangan Peralatan Instalasi Listrik

CARA Pemasangan Peralatan Instalasi Listrik

Posted at October 4th, 2015 | Categorised in Instalasi Listrik

 Instalasi listrik sangat vital dalam sebuah bangunan, baik itu rumah, perkantoran, hotel dan sebagainya.  Oleh karenanya cara pemasangan yang tepat harus diterapkan.

Tujuannya sebagai antisipasi terjadinya kebakaran yang kerap menimpa, dikarenakan pemasangan peralatan instalasi listrik yang tidak akurat.

Pemilihan peralatan tersebut harus selektif, pastikan sesuai dengan standar PUIL atau Peraturan Umum Instalasi Listrik.

Supaya instalasi listrik yang dipasang benar-benar aman dan menunjang seluruh kebutuhan berkaitan dengan penggunaan listrik.

Panduan pemasangan peralatan instalasi listrik

Pemasangan instalasi listrik bagi rumah yang akan dibangun tentunya sudah dirancang sebelumnya. Pastikan kebutuhan sambungan listrik di setiap ruangan, sehingga pemasangan peralatan instalasi kelistrikan ini benar-benar bermanfaat.

Jangan sampai setelah bangunan selesai dibangun, tapi terpaksa membongkar sebagian bangunan karena pemasangan instalasi listrik yang kurang memadai keinginan Anda.

Bagaimana panduan penting dalam pemasangan instalasi listrik?

– Pasang instalasi listrik sebelum dilakukan plester dinding. Setelah bangunan sudah berdiri, instalasi listrik baru bisa dipasang. Supaya instalasi lebih terlihat rapi, maka sebelum dinding diplester harus sudah terpasang.

– Gunakan pipa paralon dalam pemasangan instalasi listrik. Karena akan memudahkan saat akan melakukan pergantian kabel.
Hindari pemasangan kabel sambungan, boleh menggunakan sambungan kabel kalau sambungan berada di bagian atas plafon.

Pipa paralon ini bisa diaplikasikan bersama konektor berkualitas dan membungkusnya dengan selotip listrik. Sehingga sambungan listrik yang berada di dalam pipa tersebut lebih aman dari serangan serangga dan gangguan benda lainnya yang dapat menyebabkan hubung pendek.

– Menciptakan titik ground. Jangan lupa meminta kepada BTL atau Biro Teknik Listrik untuk memasang titik ground. Tujuannya guna mengalihkan arus listrik berlebihan ke bumi, terutama saat terjadi korsleting.

– Rancang penempatan lampu sesuai kebutuhan. Dengan cara ini akan memudahkan dalam memasang instalasi listrik. Di samping itu juga telah menghitung jumlah kabel yang diperlukan. Setelah memastikan titik lampu, maka bisa merancang titik stop kontak. Jika lingkungan Anda rawan banjir, sebaiknya tidak menempatkan stop kontak di bagian bawah.

– Memakai stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik. Tegangan listrik tidak stabil akan memudahkan terjadinya korsleting. Jika aliran listrik cenderung naik turun, sebaiknya memasang stabilizer.

– Terapkan kabel solid jangan kabel serabut. Kabel solid mampu menghantarkan listrik dengan lebih baik, dengan begitu bisa menekan daya. Jenis kabel ini memiliki ciri seperti bukan merupakan jalinan serabut tembaga, bagian dalam berupa batang tembaga dan teksturnya agak kaku.

– Terapkan ukuran kabel yang sesuai. Ukuran kabel harus disesuaikan dengan besaran daya yang diinginkan. Lakukan konsultasi dengan kontraktor listrik, bila tidak mengetahui kebutuhan kabel ini.

– Menerapkan lampu hemat listrik. Setelah instalasi listrik telah terpasang, sebaiknya selalu memakai lampu yang hemat energi. Memang harganya lebih mahal, tapi terbukti lebih ekonomis dalam jangka panjang, termasuk lebih awet dan cahaya yang dikeluarkan lebih terang.

Agar terhindar dari bahaya listrik

Penggunaan peralatan listrik yang salah bisa memicu terjadinya kebakaran. Oleh karenanya sangat penting untuk memperhatikan berbagai hal berikut ini.

– Menghindari menumpuk stop kontak di satu sumber aliran listrik.

– Menggunakan sekering yang telah disesuaikan dengan besaran daya listrik yang tersambung.

– Segera melapisi kabel dengan lakban bila terlihat telah terkelupas atau lebih baik menggantinya. Karena kabel yang terkelupas sangat berbahaya.

– Selalu memakai peralatan atau komponen listrik yang berkualitas. Peralatan ini seperti steker, kabel, stop kontak, sakelar dan sebagainya. Pastikan semua produk yang digunakan sesuai standar SNI.

Semoga bermanfaat.

Tags :

Related Post to CARA Pemasangan Peralatan Instalasi Listrik

Melalui Jasa, Memasang Listrik Tanpa Risiko

Posted at February 5, 2017

Listrik menjadi bagian yang harus terpasang di rumah, kantor, sekolah, bangunan property yang lain. Perlu diperhatikan bahwa tidak sembarang orang mampu memasang listrik. Dibutuhkan... Read More

Cari Tahu Nama Peralatan Pada Instalasi Listrik Di Rumah

Posted at February 5, 2017

Sedikit menuju ke belakang, Michael Faraday memang menjadi ilmuwan yang jenius. Entah apa jadinya jika ilmuwan satu ini tidak dapat menemukan listrik. Tanpa listrik... Read More

Mengenal Jenis-jenis Saklar Listrik

Posted at October 23, 2015

Salah satu bagian dari peralatan listrik adalah saklar listrik. Sebuah saklar listrik berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik dari sebuah peralatan elektronik atau... Read More

Panduan Merancang Gambar Instalasi Listrik

Posted at September 7, 2015

Agar pemasangan instalasi listrik bisa terlihat rapi dan fungsional, maka perlu merancang gambar instalasi listrik yang tepat. Gambar instalasi ini berkaitan dengan denah bangunan... Read More

Pemasangan Instalasi Listrik

Posted at April 20, 2015

Di era modern sekarang ini, listrik merupakan bagian dari kebutuhan manusia yang sangat vital. Semua peralatan yang kita pergunakan hampir semuanya membutuhkan energy listrik.... Read More